04/12/11

santri vakum

sekarang saya akan membahas santri vakum.
kenapa saya mengatakan santri vakum?di lihat sekilas sepertinya tidak pas ya?
tapi saya membuat istilah begini sengaja saya lakukan untuk memperhalus kata saja.
vakum sendiri artinya adalah kehampaan atau kekosongan.
menurut kamus besar
"1. 1 hampa udara: supaya benda yg akan ditaruh di ruang bola kaca itu tidak cepat rusak, ruang itu harus --; 2 kosong (tidak ada petugasnya, pejabatnya, dsb): supaya tidak -- , pengurus lama tetap menjalankan tugasnya sehari-hari sampai terbentuk pengurus baru;
ke·va·kum·an n 1 hal (keadaan) hampa udara; 2 kekosongan (tt penguasa, pejabat, dsb yg tidak ada di tempat atau tidak berfungsi): sesudah kabinet sekarang jatuh, seolah-olah terjadi ~ pemerintah"
menurut ilmu fisika:
"Definisi vakum. Vakum adalah ruang hampa. Suatu ruangan yang berisi gas bertekanan rendah atau dibawah tekanan atmosfer. Keadaan vakum sebenarnya tidak berisi materi, tetapi dalam penggunaan praktis, keadaan vakum dibedakan menjadi tiga yaitu
1. Soft (low) vacuum, bila ruangan bertekanan 10-2 pa
2. hard (low) vacuum, bila tekanan di bawah 10-2 pa
3. ultrahigh vacuum, bila tekanan di bawah 10-7 pa

pengertian vakum, vakum, fisika, ruangan, gas, rendah, tinggi, lembut, keras, atmosfe"
sumber
santri vakum adalah santri yang tidak mengamalkan ilmunya atau santri yang tidak berprilaku seperti santri sebagaimana mustinya.
satu contoh:
santri kalau keluar dari pesantren pakek celana dan tidak memakai songkok/peci.
santri yang tidak berbicara sopan dan lain lain.
memang santri sekarang tidak sama kualitasnya dengan santri santri dulu,terutama dalam akhlaknya.
contohnya waktu saya baru membuat blog ini,saya singgahi situs situs pondok pesantren untuk ikut berpartisipasi.
namun nyatanya tidak ada yang merespon,jangankan untuk mengirim artikel atau menjawab pertanyaan disini,memberi penjelasan keudzuran atau sekedar memberi semangat saja tidak ada.
satu satunya yang masih merespon adalah: Morodemak Community
sungguh!apa yang mereka lakukan sangat tidak mencerminkan akhlak seorang santri.
semoga saja ada santri yang membaca artikel saya ini,dan semoga dengan membaca ini dia tidak meniru apa yang telah diperbuat santri yang telah saya terangkan diatas.
dan menurut saya santri yang bersangkutan tersebut sangat tidak berakhlak mulya.
baca juga artikel artikel dibawah ini:


10 SIFAT YANG DIBENCI ALLAH
buku tamu
rusaknya nama baik pesantren
Daftar Pondok Pesantren di Probolinggo Jatim
Pesantren

1 komentar: